contoh RPP Matematika - K13
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN Satuan
Pendidikan : SMA Negeri 1
LasoloKelas/Semester : X / 1
Mata Pelajaran : Matematika-Wajib Topik
:
Eksponen dan Logaritma Waktu :
2 × 45 menit (1 Pertemuan) A.
Kompetensi Inti :
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya 2.
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleransi,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan 3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
1.1
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya;2.1
Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap
disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah;
2.2
Mampu mentransfortasikan diri dalam berprilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah, kritis, dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika;
2.3
Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur, dan
perilaku peduli lingkungan;
3.1 Memilih dan menerapkan aturan eksponen dan
logaritma sesuai dengan karakteristik permasalahan yang akan diselesaikan dan
memeriksa kebenaran langkahnyaC.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Menemukan dan menjelaskan
konsep eksponen melalui penyajian masalah;
2.
Menemukan dan menjelaskan sifat-sifat
pangkat bulat positif dan pangkat bulat negative;
3.
Menerapkan konsep eksponen, dan
bilangan berpangkat dalam menyelesaikan masalah yang relevan. D. Tujuan Pembelajaran Setelah kegiatan pembelajaran dengan diskusi kelompok
melalui model discovey learning untuk
lebih memahami materi yang akan disampaikan, diharapkan peserta didik dapat terlibat aktif dalam kegiatan
pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab
pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat :
1.
Menemukan konsep eksponen
secara tepat, kritis, kreatif, dan tanggung jawab;
2.
Menjelaskan kembali hasil
penemuan konsep eksponen secara tepat, sistematis, kreatif, toleransi dan penuh
tanggung jawab;
3.
Menemukan sifat pangkat bulat
positif secara tepat, kreatif dan penuh tanggung jawab;
4.
Menjelaskan kembali hasil
penemuan sifat pangkat bulat positif secara tepat, sistematis, toleransi dan
menggunakan simbol yang benar;
5.
Menentukan penyelesaian
permasalahan yang diberikan berkaitan dengan penerapan konsep eksponen dan
bilangan berpangkat secara tepat, sistematis, kritis, dan kreatif. E.
Materi Ajar Matematika
1. Menemukan konsep eksponen 2. Sifat-sifat Pangkat Bulat Positif F. Pendekatan/ Model/ Metode Pembelajaran Pedekatan : Saintifik
(Scientific) Model : Pembelajaran
Discovery Learning/ Penemuan Metode
Pembelajaran : tanya jawab, diskusi dan
pemberian tugas.
G. Alat / Media / Sumber Pembelajaran 1.
Lembar Kerja Siswa2.
Lembar Penilaian3.
Buku Panduan Guru Matematika
Kelas
X halaman 1 – 5, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Tahun 20134.
Buku Matematika Siswa Kelas X halaman 1 – 6, Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan RI Tahun 2013 H. Langkah-langkah Kegiatan Pertemuan Pertama (2 × 45′)
WAKTU
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
|
AKTIVITAS GURU
|
AKTIVITAS SISWA
|
|
10 menit
|
Pembukaan
1. Guru menjawab salam siswa dan
bersama-sama dengan siswa berdo’a sebelum belajar
2. Memotivasi siswa dengan menjelaskan
manfaat dari mempelajarinya materi mengenai Eksponen dan Logaritma dalam
kehidupan sehari-hari
3. Menjelaskan Kompetensi dasar
dan tujuan pembelajaran yang harus dikuasai serta strategi pembelajaran yang
akan digunakan dalam membahas materi Eksponen
dan bilangan berpangkat.
4. Guru menyampaikan apersepsi mengenai materi pra syarat
yang harus dikuasai oleh siswa di SMP,
yaitu berkaitan dengan materi bilangan real yang memuat bilangan bulat,
bilangan pecahan, bilangan irrasional
dan bilangan berpangkat, melalui tanya jawab dan penyajian masalah untuk
mendorong rasa ingin tahu serta berpikir kritis siswa
|
·
Siswa memberi salam dan berdo’a bersama-sama dengan guru sebelum
pembelajaran di mulai (disiplin dan religius)
·
Memperhatikan dengan cermat apa yang harus dilakukan agar tujuan
pembelajaran da pat tercapai (toleransi dan rasa ingin
tahu)
· Siswa menjawab pertanyaan yang disam-paikan
guru untuk lebih mempermudah pemahaman siswa berkaitan dengan materi yang
dibahas (kritis, tanggung jawab dan rasa ingin tahu)
|
70 menit
5 menit
10 menit
10 menit
10 menit
10 menit
25 menit
|
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Tahap I:
Stimulasi/ pemberian rangsangan
1. Guru mengelompokkan siswa ke dalam
kelompok, dengan jumlah siswa tiap kelompok 3 orang dan mengatur tempat duduk
siswa sesuai dengan anggota kelompoknya
2. Guru
mengajukan pertanyaan tentang aspek-aspek
apa saja yang dipelajari dari materi eksponen dan bilangan berpangkat
3. Guru meminta
siswa untuk melihat buku paket
masing-masing dan menyebutkan subtopik yang dipelajari pada sub pokok materi
eksponen dan bilangan berpangkat.
Elaborasi
Tahap 2:
Problem
Statement/
pertanyaan/identifikasi masalah
1. Guru memberikan lembar kerja (LK) dan siswa diminta untuk mengamati
isi materi yang berbentuk permasalahan dalam LK untuk didiskusikan secara
berkelompok.
2. Guru mengarahkan siswa untuk dapat mengidentifikasi masalah yang
diajukan dalam lembar kerja (LK),
melalui pengajuan pertanyaan (langsung) untuk membimbing siswa .
Tahap
3:
Data
Collection/Pengumpulan Data
1. Guru mengamati aktifitas siswa dalam mengumpulkan data/ informasi yang
relevan untuk menjawab masalah yang diajukan dalam lembar kerja (LK), dan
membimbing siswa yang mengalami kendala saat melakukan proses pengumpulan
data
Tahap 4:
Data
Processing/ Pengolahan Data
1. Guru mengamati aktifitas siswa dan membimbing siswa dalam melakukan
proses memperoleh berbagai alternatif jawaban permasalahan yang diajukan
dalam lembar kerja (LK).
Konfirmasi
Tahap
5:
Verification/Pembuktian
1. Guru mengamati aktifitas siswa dalam membuktikan jawaban hasil
penyelesaian dari permasalahan yang diajukan dalam LK dan membimbing siswa yang mengalami kendala.
Tahap
6:
Generalization/
Menarik Kesimpulan/ Generalisasi
1. Guru mengamati aktifitas siswa dalam membuat kesimpulan dari hasil
penyelesaian permasalahan yang diajukan dalam LK, yaitu dengan membuat
kesimpulan dari soal-soal yang telah dikerjakan
2. Guru meminta perwakilan siswa dari tiap kelompok untuk meuntuk
mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas.
3. Guru memberikan soal evaluasi
akhir untuk melihat ketercapain kemampuan setiap siswa berkaitan dengan
materi eksponen dan bilangan berpangkat yang dibahas.
|
· Siswa berkumpul dengan
kelompok yang sudah ditentukan oleh guru (toleransi dan kerjasama)
·
Siswa menjawab pertanyaan guru
berkaitan dengan aspek-aspek materi yang akan dipelajari
·
Siswa melihat buku paket
masing-masing dan menyebutkan subtopik yang dipelajari pada sub pokok materi
eksponen dan bilangan berpangkat
· Siswa mengamati isi materi
yang disajikan dalam lembar kerja (LK)
untuk didiskusikan secara berkelompok
· Siswa mengidentifikasi
masalah yang diajukan dalam lembar kerja (LK)
· Siswa`mengumpulkan data atau
berbagai informasi yang relevan untuk dapat menjawab masalah yang telah
teridentifikasi dalam lembar kerja
· Siswa menyelesaikan masalah
yang terdapat dalam lembar kerja berdasarkan data-data yang telah terkumpul
· Siswa membuktikan jawaban
hasil penyelesaian yang telah diperoleh dalam lembar kerja
· Siswa membuat kesimpulan dari
hasil diskusi kelompok berkaitan dengan materi eksponen dan bentuk pangkat
sesuai dengan lembar kerja
· Siswa`mempresentasikan hasil
diskusi kelompok di depan kelas
· Siswa mengerjakan soal
evaluasi yang diberikan oleh guru
|
10 menit
|
Penutup
1. Guru bersama-sama siswa membuat kesimpulan
2. Guru mengingatkan siswa untuk
membaca materi yang akan dipelajari di pertemuan berikutnya
3. Guru memberikan PR
|
· siswa bersama pendidik
menarik kesimpulan dan membuat catatan
· siswa memperhatikan dengan
cermat yang disampaikan oleh guru
· siswa menuliskan tugas (PR) yang diberikan
|
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a.
Terlibat aktif dalam kegiatan pembela-jaran yang dilakukan .
b.
Bekerjasama dalam kegiatan
kelompok.
c.
Toleran terhadap proses
pemecahan ma-salah yang berbeda dan kreatif.
d.
Jujur dalam menjawab
permasalahan yang diberikan
e.
Tanggung jawab dalam
menyelesaikan LKS yang ditugaskan
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajar an
dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
a.
Menemukan konsep eksponen, akar, pangkat dan logaritma secara tepat,
kri-tis, kreatif, dan penuh
tanggung jawab.
b.
Menjelaskan konsep eksponen, akar pangkat dan logaritma secara
tepat, sis-tematis, kreatif, toleransi dan
penuh tang gung jawab serta menggunakan simbol
yang benar.
c.
Menerapkan konsep eksponen, akar, pangkat dan logaritma dalam bentuk problem solving secara tepat, kritis dan kreatif.
|
Penilaian kinerja ber-dasarkan langkah –langkah pembelajaran discovery
Penilain Tertulis
|
Selama proses pem belajaran inti
Diakhir Penyampaian Materi
(Evaluasi akhir)
|
3.
|
Keterampilan
Menyelesaikan
laporan projek dan memaparkan hasilnya di depan kelas
|
Penilaian
projek
|
Setelah laporan selesai (dengan
batas waktu yang ditentukan
satu minggu) dan selama presentasi
|


Keterangan:Skor 0, jika siswa tidak bisa menjawab sama sekaliSkor 25, jika siswa hanya memasukan nilai b (langkah 1)Skor 50, jika siswa dapat menyelesaikan sampai mendapat nilai kuadrat dari 8 (langkah 2)Skor 75, jika siswa dapat menguraikan nilai 64 ke perkalian berulangSkor 100, jika siswa dapat memperoleh nilai akhir (nilai h = 12) Tinobu, Juli 2016 Mengetahui
No
|
Nama
Siswa
|
Sikap
|
||||||||
Aktif
|
Bekerjasama
|
Toleran
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No
|
Nama
Siswa
|
Keterampilan
|
||
Menerapkan
konsep / prinsip dan strategi penemuan
|
||||
1
|
2
|
3
|
||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
Skor 2 = T (Terampil)Skor 3 = ST (Sangat terampil)
Tinobu, Juli 2016 Mengetahui
Komentar
Posting Komentar