contoh RPP Matematika - K13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Satuan Pendidikan           : SMA Negeri 1 LasoloKelas/Semester                  : X / 1
Mata Pelajaran                 : Matematika-Wajib Topik                                  : Eksponen dan Logaritma Waktu                                : 2 × 45 menit (1 Pertemuan)  A.       Kompetensi Inti :
1.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya 2.   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleransi, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan  3.   Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.4.   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.    
B.        Kompetensi Dasar       
1.1     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya;2.1     Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah;
2.2     Mampu mentransfortasikan diri dalam berprilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, kritis, dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika;
2.3     Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur, dan perilaku peduli lingkungan;
3.1  Memilih dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai dengan karakteristik permasalahan yang akan diselesaikan dan memeriksa kebenaran langkahnyaC.          Indikator Pencapaian Kompetensi
1.       Menemukan dan menjelaskan konsep eksponen melalui penyajian masalah;
2.       Menemukan dan menjelaskan sifat-sifat pangkat bulat positif dan pangkat bulat negative;
3.       Menerapkan konsep eksponen, dan bilangan berpangkat dalam menyelesaikan masalah    yang relevan.   D.    Tujuan PembelajaranSetelah kegiatan pembelajaran dengan diskusi kelompok melalui model discovey learning untuk lebih memahami materi yang akan disampaikan, diharapkan peserta didik dapat terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat :
1.      Menemukan konsep eksponen secara tepat, kritis, kreatif, dan tanggung jawab;
2.      Menjelaskan kembali hasil penemuan konsep eksponen secara tepat, sistematis, kreatif, toleransi dan penuh tanggung jawab;
3.      Menemukan sifat pangkat bulat positif secara tepat, kreatif dan penuh tanggung jawab;
4.      Menjelaskan kembali hasil penemuan sifat pangkat bulat positif secara tepat, sistematis, toleransi dan menggunakan simbol yang benar;
5.      Menentukan penyelesaian permasalahan yang diberikan berkaitan dengan penerapan konsep eksponen dan bilangan berpangkat secara tepat, sistematis, kritis, dan kreatif. E.        Materi Ajar Matematika
1.      Menemukan konsep eksponen 2.      Sifat-sifat Pangkat Bulat Positif F.    Pendekatan/ Model/ Metode Pembelajaran        Pedekatan                        : Saintifik (Scientific)        Model                              : Pembelajaran Discovery Learning/ Penemuan        Metode Pembelajaran      : tanya jawab, diskusi dan pemberian tugas.       
G.  Alat / Media / Sumber Pembelajaran 1.      Lembar Kerja Siswa2.      Lembar Penilaian3.      Buku Panduan Guru Matematika Kelas X halaman 1 – 5, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Tahun 20134.      Buku Matematika Siswa Kelas X halaman 1 – 6, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Tahun 2013 H.    Langkah-langkah Kegiatan          Pertemuan Pertama (2 × 45′)
WAKTU
KEGIATAN PEMBELAJARAN
AKTIVITAS GURU
AKTIVITAS SISWA
10 menit
Pembukaan
1.   Guru menjawab salam siswa dan bersama-sama dengan siswa berdo’a sebelum belajar
2.   Memotivasi siswa dengan menjelaskan manfaat dari mempelajarinya materi mengenai Eksponen dan Logaritma dalam kehidupan sehari-hari
3.   Menjelaskan Kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang harus dikuasai serta strategi pembelajaran yang akan digunakan dalam membahas materi Eksponen dan bilangan berpangkat.
4.   Guru menyampaikan apersepsi mengenai materi pra syarat yang  harus dikuasai oleh siswa di SMP, yaitu berkaitan dengan materi bilangan real yang memuat bilangan bulat, bilangan  pecahan, bilangan irrasional dan bilangan berpangkat, melalui tanya jawab dan penyajian masalah untuk mendorong rasa ingin tahu serta berpikir kritis siswa

·     Siswa memberi salam dan berdo’a bersama-sama dengan guru sebelum pembelajaran di mulai (disiplin dan religius)
·     Memperhatikan dengan cermat apa yang harus dilakukan agar tujuan pembelajaran da pat tercapai (toleransi dan rasa ingin tahu)

·      Siswa menjawab pertanyaan yang disam-paikan guru untuk lebih mempermudah pemahaman siswa berkaitan dengan materi yang dibahas (kritis, tanggung jawab dan rasa ingin tahu)




70 menit


5 menit

















10 menit















10 menit










10 menit







10 menit









25 menit
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Tahap I:
Stimulasi/ pemberian rangsangan
1.  Guru mengelompokkan siswa ke dalam kelompok, dengan jumlah siswa tiap kelompok 3 orang dan mengatur tempat duduk siswa sesuai dengan anggota kelompoknya
2.  Guru mengajukan pertanyaan  tentang aspek-aspek apa saja yang dipelajari dari materi eksponen dan bilangan berpangkat
3.  Guru meminta siswa untuk  melihat buku paket masing-masing dan menyebutkan subtopik yang dipelajari pada sub pokok materi eksponen dan bilangan berpangkat.

Elaborasi
Tahap 2:
Problem Statement/ pertanyaan/identifikasi masalah
1.  Guru memberikan lembar kerja (LK) dan siswa diminta untuk mengamati isi materi yang berbentuk permasalahan dalam LK untuk didiskusikan secara berkelompok.
2.  Guru mengarahkan siswa untuk dapat mengidentifikasi masalah yang diajukan dalam lembar kerja (LK),  melalui pengajuan pertanyaan (langsung) untuk membimbing siswa .

Tahap 3:
Data Collection/Pengumpulan Data
1.   Guru mengamati aktifitas siswa dalam mengumpulkan data/ informasi yang relevan untuk menjawab masalah yang diajukan dalam lembar kerja (LK), dan membimbing siswa yang mengalami kendala saat melakukan proses pengumpulan data
Tahap 4:
Data Processing/ Pengolahan Data
1.   Guru mengamati aktifitas siswa dan membimbing siswa dalam melakukan proses memperoleh berbagai alternatif jawaban permasalahan yang diajukan dalam lembar kerja (LK).
Konfirmasi
Tahap 5:
Verification/Pembuktian
1.   Guru mengamati aktifitas siswa dalam membuktikan jawaban hasil penyelesaian dari permasalahan yang diajukan dalam LK dan  membimbing siswa yang mengalami kendala.

Tahap 6:
Generalization/ Menarik Kesimpulan/ Generalisasi
1.   Guru mengamati aktifitas siswa dalam membuat kesimpulan dari hasil penyelesaian permasalahan yang diajukan dalam LK, yaitu dengan membuat kesimpulan dari soal-soal yang telah dikerjakan
2.   Guru meminta perwakilan siswa dari tiap kelompok untuk meuntuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas.
3.   Guru memberikan soal evaluasi akhir untuk melihat ketercapain kemampuan setiap siswa berkaitan dengan materi eksponen dan bilangan berpangkat yang dibahas.




·     Siswa berkumpul dengan kelompok yang sudah ditentukan oleh guru (toleransi dan kerjasama)




·     Siswa menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan aspek-aspek materi yang akan dipelajari

·     Siswa melihat buku paket masing-masing dan menyebutkan subtopik yang dipelajari pada sub pokok materi eksponen dan bilangan berpangkat




·     Siswa mengamati isi materi yang disajikan dalam  lembar kerja (LK) untuk didiskusikan secara berkelompok



·     Siswa mengidentifikasi masalah yang diajukan dalam lembar kerja (LK)






·     Siswa`mengumpulkan data atau berbagai informasi yang relevan untuk dapat menjawab masalah yang telah teridentifikasi dalam lembar kerja







·     Siswa menyelesaikan masalah yang terdapat dalam lembar kerja berdasarkan data-data yang telah terkumpul






·     Siswa membuktikan jawaban hasil penyelesaian yang telah diperoleh dalam lembar kerja








·     Siswa membuat kesimpulan dari hasil diskusi kelompok berkaitan dengan materi eksponen dan bentuk pangkat sesuai dengan lembar kerja


·     Siswa`mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas



·     Siswa mengerjakan soal evaluasi yang diberikan oleh guru


10 menit
Penutup
1.   Guru bersama-sama siswa  membuat kesimpulan
2.   Guru mengingatkan siswa untuk membaca materi yang akan dipelajari di pertemuan berikutnya
3.   Guru memberikan PR


·     siswa bersama pendidik menarik kesimpulan dan membuat catatan
·     siswa memperhatikan dengan cermat yang disampaikan oleh guru

·     siswa  menuliskan tugas (PR) yang diberikan
   I.       Penilaian Hasil Belajar1.       Teknik Penilaian: pengamatan, penugasan (proyek) dan tes tertulis2.       Prosedur Penilaian:
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.       Terlibat aktif dalam kegiatan pembela-jaran yang dilakukan .
b.      Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.       Toleran terhadap proses pemecahan ma-salah yang berbeda dan kreatif.
d.      Jujur dalam menjawab permasalahan yang diberikan
e.       Tanggung jawab dalam menyelesaikan LKS yang ditugaskan

Pengamatan
Selama pembelajar an dan saat diskusi
2.
Pengetahuan
a.      Menemukan konsep eksponen, akar, pangkat dan logaritma secara tepat, kri-tis, kreatif, dan penuh tanggung jawab.
b.      Menjelaskan konsep eksponen, akar pangkat dan logaritma secara tepat, sis-tematis, kreatif, toleransi dan penuh tang gung jawab serta menggunakan simbol yang benar.
c.      Menerapkan konsep eksponen, akar, pangkat dan logaritma dalam bentuk problem solving secara tepat, kritis dan kreatif.



Penilaian kinerja ber-dasarkan langkah –langkah pembelajaran discovery

Penilain Tertulis


Selama proses pem belajaran inti




Diakhir Penyampaian Materi (Evaluasi akhir)


3.

Keterampilan
Menyelesaikan laporan projek dan memaparkan hasilnya di depan kelas

Penilaian projek
Setelah laporan selesai (dengan batas waktu yang ditentukan
satu minggu) dan selama presentasi
  J.      Instrumen Penilaian Hasil BelajarTes tertulis(contoh soal : kategori HOTS/High Order Thinking Skills)Seorang ahli ekonomi menemukan bahwa harga (h) dan banyak barang (b) dapat dinyatakan dalam persamaan h = 3. Jika nilai b = 8, maka berapa nilai h?Pedoman Penilaian:Alternatif Penyelesaian: 
        Keterangan:Skor 0,   jika siswa tidak bisa menjawab sama sekaliSkor 25,    jika siswa hanya memasukan nilai b (langkah 1)Skor 50, jika siswa dapat menyelesaikan sampai mendapat nilai kuadrat dari 8 (langkah 2)Skor 75, jika siswa dapat menguraikan nilai 64 ke perkalian berulangSkor 100, jika siswa dapat memperoleh nilai akhir (nilai h = 12)                                                                                                                                                                                                                                                             Tinobu,    Juli 2016 Mengetahui                                                                           
Kepala SMA Negeri 1 Lasolo,                                                Guru Matematika kelas X,
      Drs. H. Djuhaepa, M,Si                                                        H e n d r i, S.Pd
NIP. 195909131981031015                                                   NIP. 198804022014021002
                       LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP  Mata Pelajaran                : MatematikaKelas/Semester                : X / 1
Tahun Pelajaran             : 2016 / 2017
Pokok Bahasan               : Eksponen, Akar dan LogaritmaWaktu Pengamatan        : 60 menit Indikator sikap aktif dalam pembelajaran peluang1.      Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran2.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha ambil bagian dalam pembelajaran  tetapi belum konsisten 3.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian  dalam menyelesaikan tugas kelompok  secara terus menerus dan konsisten Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1.      Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.2.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum konsisten.3.      Sangat baik jika menunjukkan adanya  usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan konsisten. Indikator sikap toleran terhadap proses penyelesaian masalah dengan penemuan yang berbeda dan kreatif.1.      Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap penemuan penyelesaian masalah yang berbeda dan kreatif.2.      Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap penemuan penyelesaian masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum konsisten.3.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap penemuan penyelesaian masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan konsisten.Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
Nama Siswa
Sikap
Aktif
Bekerjasama
Toleran
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1










2










3










4










5










Keterangan:Skor 1 = KB (Kurang baik)Skor 2 = B (Baik)Skor 3 = SB (Sangat baik)    LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN Mata Pelajaran                : MatematikaKelas/Semester                : X / 1
Tahun Pelajaran             : 2013 / 2014
Pokok Bahasan               : Eksponen, Akar dan LogaritmaWaktu Pengamatan        : 60 menit  Indikator Keterampilan:Terampil menemukan konsep eksponen dan logaritma dalam pembelajaran discovery learning melalui penyajian masalah relevan yang berkaitan dengan materi yang dibahas.1.      Kurang terampil jika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep / prinsip dan strategi peme-cahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan Exponent, Akar dan Logaritma2.      Terampil jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk menerapkan konsep / prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan Exponent, Akar dan Logaritma tetapi belum tepat.
3.      Sangat terampil jika menunjukkan adanya  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan Exponent, Akar dan Logaritma dan sudah tepat.
Bubuhkan tanda √ pada kolom - kolom sesuai hasil pengamatan.
No
Nama Siswa
Keterampilan
Menerapkan konsep / prinsip dan strategi penemuan
1
2
3
1




2




3




4




5




Keterangan :
Skor 1 = KT (Kurang terampil),
Skor 2 = T    (Terampil)Skor 3 = ST  (Sangat terampil)                                                                                               
                                                                                                Tinobu,    Juli 2016 Mengetahui                                                                           
Kepala SMA Negeri 1 Lasolo,                                                Guru Matematika kelas X,
      Drs. H. Djuhaepa, M,Si                                                        H e n d r i, S.Pd
NIP. 195909131981031015                                                   NIP. 198804022014021002

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI-KISI ULANGAN MTK PEMINATAN KLS XI-SMAN 1 LASOLO 2017

KISI-KISI ULANGAN MTK PEMINATAN KLS X SMAN 1 LASOLO 2017